7 Tips Dan Cara Memilih Cincin Tunangan Yang Tepat. Sudah Tahu?

StylingPod.com – 7 Tips Dan Cara Memilih Cincin Tunangan Yang Tepat. Sudah Tahu?

Hidup bahagia bersama dengan orang yang dicintai menjadi impian bagi setiap orang di dunia. Tidak terkecuali bagi mereka yang sudah berpacaran bertahun-tahun lamanya, sudah tentu terbesit keinginan untuk melangkah ke jenjang berikutnya, yaitu pertunangan. Bisa dikatakan jika pertunangan merupakan tahap awal dari hubungan yang lebih serius sebelum akhirnya menuju ke pernikahan. Selain mempersiapkan mental, tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi pertunangan, salah satunya adalah memilih cincin tunangan.


Memang, rasanya tidak lengkap bagi seorang pria datang melamar pujaan hatinya tanpa membawa cincin. Akan tetapi, masih banyak pria yang ragu ataupun kurang percaya diri dalam hal memilih cincin lamaran tersebut. Tidak perlu bingung, StylingPod.com akan memberikan informasi tentang beberapa cara memilih cincin tunangan, sehingga kamu akan lebih mudah menentukan jenis cincin yang sesuai untuk pasangan. Yuk simak bersama pembahasannya berikut ini!

1. Sesuaikan Dengan Budget Yang Dimiliki

 

Tidak dipungkiri jika budget menjadi masalah utama bagi kamu yang ingin membeli cincin tunangan. Niat hati ingin membeli cincin mewah, namun apa daya keuangan terbatas, dan kamu merasa telah gagal melamar si dia. Tidak usah bersedih dahulu, belilah cincin sesuai dengan kemampuan atau budget yang kamu miliki. Hal yang terpenting adalah bagaimana cara kamu memberikan cincin agar dia menerima lamaranmu dengan menciptakan momen yang berkesan bersama orang terkasih.

2. Cari Material Yang Tepat

 

Saat ini sudah tersedia berbagai macam material cincin yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Cincin tunangan bisa terbuat dari emas, perak, emas putih, platina, dan lain sebagainya. Hal yang perlu kamu ketahui sebelum membeli cincin, yaitu apakah pasanganmu memiliki alergi terhadap jenis logam tertentu. Informasi ini sangatlah penting dan bisa menjadi tips memilih cincin kawin bagi kamu yang sudah bertunangan. Ada baiknya kamu diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan agar tidak menyesal di kemudian hari.

3. Pilih Batu Permata Beserta Setting Tempatnya

 

Ada berbagai macam batu yang bisa dipilih untuk menghiasi cincin tunangan dan yang paling terkenal sudah tentu adalah berlian. Jika menurut kamu berlian terlalu mahal, masih banyak alternatif batu permata lain yang tidak kalah indahnya dengan berlian. Jika sudah menjatuhkan pilihan mengenai batu permata apa yang dipilih saatnya kamu memikirkan setting batu tersebut. Setting ini sendiri merupakan peletakan batu permata pada cincin.


Tentunya hal ini berkaitan dengan kegiatan dari pasangan kamu sehari-hari, apakah pasanganmu termasuk yang aktif bergerak dan senang berpakaian tomboy atau tipe pendiam. Tips membeli cincin berlian yang bisa kamu lakukan, yaitu pilihlah setting tension atau sejajar dengan band cincin untuk pasangan yang aktif. Untuk pasangan yang kalem, kamu bisa memberikan model cincin apapun sesuai dengan kepribadiannya.

4. Jika Kamu Memilih Cincin Berlian

 

Berlian menjadi batu permata yang difavoritkan bagi setiap wanita. Selain berkilau, berlian tidak mudah tergores kecuali dengan berlian itu sendiri. Jika kamu memutuskan untuk memilih cincin berlian, ada baiknya berlian yang dipilih harus memenuhi syarat 4C, yaitu carat (karat), clarity (kejernihan), colour (warna) dan cut (potongan). Dengan mengetahui dan mempelajari syarat tersebut, kamu tidak perlu ragu dalam memilih cincin berlian.

5. Ukur Cincin Sesuai Dengan Diameter Jari

 

Hal ini sangat penting mengingat cincin tersebut harus terpasang di jari manis pasanganmu. Untuk mengetahui ukuran cincin dengan tepat, kamu bisa meminjam cincin yang biasa dia pakai terlebih dahulu dan tentunya tanpa sepengetahuannya jika kamu ingin memberikan kejutan. Apabila hal tersebut tidak memungkinkan, kamu bisa memperkirakan secara visual.

Angka 7 merupakan angka rata-rata dari ukuran cincin wanita, sehingga kamu bisa memprediksi apakah jari manis pasangan kamu lebih kecil, atau lebih besar dari ukuran rata-rata tersebut. Jika kamu tidak begitu yakin, pilihlah cincin berukuran lebih besar dari rata-rata agar cincin tersebut mudah untuk dikecilkan jika terlalu besar. Apabila cincin terlalu kecil, biaya untuk memperbesar cincin lebih mahal, dan membuat band cincin terlihat lebih tipis.

6. Memilih Penjual Yang Terpercaya

 

Ada banyak toko perhiasan yang menjual cincin tunangan dengan berbagai macam model. Namun, tidak banyak pula yang memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan. Perlu diingat mahal tidak selalu bagus dalam pelayanan. Cari toko perhiasan yang terkenal akan kenyamanan dan keramahan pegawainya terutama saat memberikan saran dalam memilih cincin. Kamu bisa mencari referensi toko perhiasan dari teman yang sudah menikah.

Tidak ada salahnya juga membeli cincin via internet, selain harga yang ditawarkan lebih murah, kamu juga merasa nyaman saat melakukan transaksi tanpa harus mendapat tekanan dari penjual. Pilihlah penjual dengan reputasi baik dan terpercaya karena resiko terbesar dari pembelian via internet yaitu penipuan. So, tetap berhati-hati ya!

7. Jangan Ragu Untuk Meminta Jaminan

 

Saat membeli cincin sebaiknya dilakukan sebelum kamu melamar dia agar menambah kesan romantis. Perlu diperhatikan saat membeli cincin, terutama cincin berlian adalah mengenai sertifikat keasliannya, serta garansi. Sertifikat berguna untuk mengetahui darimana berlian itu berasal. Sertifikat dan garansi hanya diberikan khusus untuk berlian lebih dari 1 karat. Sedangkan, untuk berlian berukuran kecil, harga berlian menjadi lebih mahal sebab untuk mengeluarkan sertifikat membutuhkan biaya hingga jutaan.


Demikian beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan dalam memilih cincin tunangan. Sekali lagi cincin tunangan tidak harus mahal, yang terpenting adalah bagaimana cara kamu menyampaikan keseriusan terhadap pasangan. Bagaimana, apakah kamu tips sendiri untuk mempersiapkan cincin tunangan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *